style2
Profil Program Studi Bahasa Inggris

LATAR BELAKANG

  1. Kebutuhan tenaga kerja yang terampil berbahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan industri, bisnis dan jasa terbuka sangat lebar.
  2. Kurikulum dirancang dengan pendekatan competency-based sedemikian rupa agar pada semester 5 mereka sudah bisa magang kerja untuk mempraktekkan keterampilan dan ilmu mereka dan pada semester 6 mereka tinggal mengerjakan Final Assignment.

 

VISI

“Sebagai pusat pengembangan pendidikan vokasional di bidang jurnalistik dan kepariwisataan berbasis Bahasa Inggris yang mampu melahirkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, bermoral, inovatif dan profesional di tingkat nasional”

 

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan bahasa inggris yang berkualitas dan berkelanjutan
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian untuk menemukan, mengembangkan dan menguji pengetahuan bahasa inggris yang memperkuat dan memperkaya pendidikan dan pengajaran serta meningkatkan kesejahteraan  masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang memberikan pelayanan prima kepada stakeholders
  4. Menyelenggarakan hasil kerjasama yang produktif

 

 TUJUAN

  1. Mewujudkan penyelenggaraan Program Studi Bahasa Inggris yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan kredibel.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dengan menjunjung tinggi nilai – nilai profesionalisme yang mengutamakan nilai kejujuran dan yang mampu berpikir kreatif.
  3. Menghasilkan penelitian yang mampu berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan bahasa inggris.
  4. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap peningkatan kehidupan sosial dan tumbuh kembangnya daya saing masyarakat di dunia bisnis dan industri.

 

 KOMPETENSI UTAMA LULUSAN

  1. Mampu menuangkan ide dalam bentuk lisan dan tulisan berbahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah Bahasa Inggris.
  2. Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai media komunikasi interaktif untuk membina hubungan sosial.
  3. Memahami prinsip–prinsip dasar suatu karya ilmiah bahasa, budaya, pariwisata, dan jurnalistik.
  4. Mampu melakukan negosiasi secara efektif dengan pelbagai pihak dalam usaha mengembangkan kehidupan kemasyarakatan yang lebih humanis.
  5. Mampu memberdayakan kearifan lokal dalam kehidupan budaya global.

 

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

  1. Memiliki kemampuan dasar dalam bidang : kepariwisataan, penulisan kreatif, kepenyiaran, dunia usaha, seni pertunjukan, dan jurnalistik.
  2. Memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan mampu bekerjasama dalam sebuah tim.
  3. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa Jepang pada tingkat menengah

 

PELUANG KARIR

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris memiliki peluang berkarir di bidang jurnalistik dan kepariwisataan berbasis bahasa inggris. Berikut profil lulusan kami, diantaranya :

1

Staff Hotel International, Staff Perusahaan Multi Nasional, Staff Perusahaan Ekspor-Impor, Tour and Travek Agency, Front Officer

2

Pemandu wisata, Master of Ceremony, Reporter

3

Translator, PR Officer, Customer Service Officer, Journalist, Guide, Public Relation Officer, Editor Buku/Majalah, Penyulih Suara.

 

KURIKULUM

Kurikulum terbagi dalam tiga tahun berdasarkan tingkat capaian kemampuan mahasiswa yang diharapkan pada setiap akhir tahun perkuliahannya.


Tahun ke I

  • Kurikulum tahun pertama dirancang untuk membekali penguasaan keterampilan dasar berbahasa Inggris meliputi menyimak, wicara, membaca, menulis, dan tata bahasa yang berkaitan dengan aktivitas industri, bisnis dan jasa serta pengoperasian komputer dalam hal pengolahan data dan kata.


Tahun ke II

  • Kurikulum tahun kedua ini  dirancang agar mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bentuk dialog, diskusi, pidato, dan presentasi; mampu menerapkan teknik dan operasional kehumasan; mampu menerjemahkan dokumen bidang industri, bisnis, dan jasa.


Tahun ke III

  • Kurikulum tahun ketiga dirancang agar mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi nyata pada bidang industri, bisnis dan jasa; mampu menganalisis, menyusun serta menyajikan data serta mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien.