Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Silabus Program Studi D3 Bahasa Inggris


No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21101 Pancasila Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan.
2 BI21102 Bahasa Indonesia Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, khususnya menulis makalah.
3 BI21103 Basic Speaking Mahasiswa mampu mengungkapkan berbagai macam ungkapan baik dalam situasi informal maupun formal dalam bidang tourism and journalistic khususnya, dan dalam bidang apapun umumnya baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
4 BI21104 Basic Reading Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam interpretive and affective reading text dalam bidang pariwisata dan jurnalistik pada level basic.
5 BI21105 Basic Listening Mahasiswa mampu mendengarkan dan memahami ragam bahasa Inggris dalam bentuk monologue seperti speech, news report, weather forecast or other prewritten material or unplanned such as description of something, emergency announcement etc. selain itu juga mampu mendengar dan memahami, mengidentifikasi ragam makna dalam dialogue seperti conversation dan job interview.
6 BI21106 Basic Writing Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang topic sentences, supporting sentences, and concluding sentences dan mengembangkan ketrampilan menulis pada paragraph dalam bentuk karangan/uraian berdasarkan teori-teori penulisan.
7 BI21107 Basic Grammar Mata kuliah ini bertujuan untuk member pengetahuan kepada mahasiswa tentang esensi grammar dan memberi ketrampilan dalam pemahaman maupun penggunaannya pada level dasar.
8 BI21108 Pronunciation Mahasiswa mampu menerapkan konsep dan prosedur padapelafalan kata dalam bahasa inggrisyang digunakan pada kalimat dalam bidang tourism and journalistic khususnya, dan dalam bidang apapun umumnya baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
9 BI21109 Basic Vocabulary Mahasiswa mampu menjelaskan konsep word classes dan prosedur word formation baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama team.
10 BI21110 Office Application Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pemanfaatan aplikasi computer dalam pengolahan kata (word) maupun data. Mahasiswa dilatih untuk memahami dan mempelajari komputer dalam aplikasi dasar di dunia pariwisata dan jurnalistik. Mahasiswa mulai mempraktekkan apa yang diketahuinya dari bahasan di mata kuliah pengantar computer, menghadapi berbagai persoalan riil dan didorong untuk menguasai aplikasi dari berbagai program standar yang berlaku di industri pariwisata dan jurnalistik.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21211 Religion Studies Mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang alam kehidupan dan isinya, sifat dan kekuasaan Allah.
2 BI21212 Kewarganegaraan Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan.
3 BI21213 Intermediate Speaking Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara untuk merespon percakapan dan interview dalam bahasa inggris dalam bidang jurnalistik dan kepariwisataan pada level intermediate.
4 BI21214 Intermediate Reading Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam interpretive and affective reading text dalam bidang pariwisata dan jurnalistik pada level intermediate.
5 BI21215 Intermediate Listening Mahasiswa mampu mendengarkan dan memahami ragam bahasa Inggris dalam bentuk transaksional dan interpersonal atau bersosialisasi dengan orang lain dengan bahasa yang jelas dan berterima.
6 BI21216 Intermediate Writing Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang topic sentences, supporting sentences, and concluding sentences dan mengembangkan ketrampilan menulis pada paragraph dan teks dalam bentuk karangan/uraian berdasarkan teori-teori penulisan dalam bidang jurnalistik dan pariwisata.
7 BI21217 Intermediate Grammar Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang esensi grammar dan memberi ketrampilan dalam pemahaman maupun penggunaannya pada level intermediate.
8 BI21218 Intermediate Vocabulary Mahasiswa mampu menjelaskan konsep word classes danprosedur word formation baikdengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama team.
9 BI21219 Theory of Translation It develops students’ knowledge of the basic theory, concept, and technique of translation.
10 BI21220 Multimedia Application Mata kuliah ini memberikan pemahaman lanjut kepada mahasiswa tentang pemanfaatan aplikasi computer dalam pengolahan kata (word) maupun data
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21321 Professional Speaking Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam ketrampilan berbicara dalam bahasa inggris pada tataran komunikasi dua arah maupun satu arah pada ranah public speaking pada berbagai kesempatan khususnya dalam bidang jurnalistik dan kepariwisataan.
2 BI21322 Reading for Specific Purposes Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisa, mensintesa dan mengevaluasi berbagai bentuk teks pada level advance dalam bidang umum khususnya dalam bidang jurnalistik dan pariwisata.
3 BI21323 Extensive Listening Mahasiswa mampu mendengarkan dan memahami ragam bahasa Inggris dalam bentuk transaksional dan interpersonal atau bersosialisasi dengan orang lain dengan bahasa yang jelas dan berterima.
4 BI21324 Academic Writing Mengaktualisasikan pemikiran logis dan argumentatif dalam bentuk tulisan teks, uraian dan makalah.
5 BI21325 Practical Grammar Usage Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang esensi grammar dan memberi ketrampilan dalam pemahaman maupun penggunaannya pada level advance.
6 BI21326 Basic Translation Mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang teori-teori dasar penerjemahan, konsep penerjemahan dan teknik penerjemahan.
7 BI21327 Communication Skill Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dalam bahasa inggris kepada atasan, kolega dan staf dalam sektor kerja yang luas khususnya dalam bidang jurnalistik dan kepariwisataan.
8 BI21328 Customer Service and Hospitality Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar perilaku dan dinamika kepribadian konsumen, motivasi dan kebutuhan, pengembangan minat, membangun hubungan yang efektif/ berkomunikasi dengan rapport, kepemimpinan situasional, dan penanganan konflik serta melaksanakan perubahan dalam rangka meningkatkan pelayanan organisasi/perusahaan perhotelan/resort.
9 BI21329 Professional Etiquette Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai hakekat psikologi dan hakekat pelayanan.
10 BI21330 K3 (Occupational Health & Safety) Menguasai pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang meliputi prosedur dan pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja pada bidang pariwisata dan jurnalistik serta upaya-upaya untuk mengendalikan masalah dan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan guna menjamin patien safety dan produktivitas kerja secara komprehensip, mantap, dan mendalam serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya untuk mempelajari pengetahuan K3 yang lebih tinggi sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21431 Public Speaking Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam berbahasa inggris pada level advance. Ketrampuilan itu meliputi; menjadi master of ceremony, marketing, pemandu wisata dan merespon interview.
2 BI21432 Introduction to Final Project Report Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan seminar adalah: 1. Menyampaikan hasil penelitian yang dilakukan dalam matakuliah Tugas Akhir 2. Mendapatkan masukan untuk perbaikan tugas akhir 3. Melatih kemampuan mahasiswa dalam melakukan presentasi ilmiah di hadapan peserta seminar.
3 BI21433 Intermediate Translation Mahasiswa mampu menggunakan beberapa metode dan teknik penerjemahan untuk menerjemahkan teks dari beberapa sumber berbeda dengan baik dan benar.
4 BI21434 Guiding Technique Mata kuliah ini memberikan pengertian umum dan khususnya teknik mengenai pemandu wisata.
5 BI21435 Tourism Management Mahasiswa mampu memahami, menganalisa dan menerapkan konsep dan prosedur tourism management dalam bidang perhotelan, restoran, pariwisata, tour dan travel baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
6 BI21436 Photo Journalism Mahasiswa mampu memahami konsep dan mempraktikkan potografi jurnaslistik dan penulisan berita untuk media.
7 BI21437 Public Relations Mahasiswa mampu memahami kemampuan komunikasi dalam bidang public relation dengan menggunakan bahasa inggris baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
8 BI21438 Indonesian People and Culture Mempelajari pengertian kebudayaan secara umum dan khusus. Para mahasiswa diharapkan dapat memahami kebudayaan sebagai bagian dari kehidupan manusia baik berupa aktivitas sosial, wujud fisik kebudayaan dan ide atau pikiran manusia terutama pada peninggalan masa lalu. Kebudayaan yang berkembang dalam setiap komunitas mempunyai keterkaitan dengan aspek fisik, tradisi, mewujud dalam berbagai ritual, dimana hal-hal demikian mempunyai arti strategis dalam pengembangan pariwisata.
9 BI21439 Cross Cultural Understanding Mahasiswa mampu menerapkan konsep dan prosedur cross cultural understanding yang digunakan pada komunikasi, kehidupan, bahasa dan teks dalam bidang tourism and journalistic khususnya, dan dalam bidang apapun umumnya baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
10 BI21440 Radio & TV Broadcasting Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami karakteristik, proses dan prosedur penyiaran dalam ranah radio maupun televisi.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21541 Apprenticeship in Tourism & Journalism Thiscourseis aninternshipactivityin thefields ofindustry, businessandservicesas a form ofhandling jobs and responsibilities andthe application ofthe theory ofknowledgethathas beengainedduring thelecture. The studentsare expected tocarry outpracticalworkorapprenticeshipin tourismandjournalismor other related companies.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 BI21642 Tourism Practice Mata kuliah ini bertujuan untuk membuka wawasan dan mengukur serta mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam bidang pariwisata dan jurnalistik secara langsung sebagai implementasi dari teori-teori kepariwisataan dalam bidang pariwisata dan jurnalistik yang sudah didapatkan.
2 BI21643 Journalism Practice Mata kuliah ini bertujuan untuk membuka wawasan dan mengukur serta mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam bidang pariwisata dan jurnalistik secara langsung sebagai implementasi dari teori-teori jurnalistik dalam bidang pariwisata dan jurnalistik yang sudah didapatkan.
3 BI21644 News Producing Mahasiswa mampu menerapkan konsep & prosedur pada pemilihan dan penentuan news value, research, interviewing skills, writing for the ear as well as for the eye, and media critique dalam bidang tourism and journalistic khususnya, dan dalam bidang apapun umumnya baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.
4 BI21645 Entrepreneurship Mahasiswa mampu memahami pentingnya jiwa kewirausahaan, memotivasi diri, mengindera peluang usaha dalam bidang tourism atau journalism, trik berusaha, menciptakan produk jasa, pemasaran dan membangun kemitraan dalam berwirausaha. Memberikan pemahaman dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar diperoleh wawasan usaha yang luas berbasis pengetahuan yang telah dimiliki.
5 BI21646 Final Project Report Tugas Akhir bertujuan untuk menyatakan bukti pencapaian prestasi karya ilmiah dalam bidang Bahasa Inggris Jurnalisme dan Pariwisata yang dipertanggungjawabkan di depan dewan penguji.